Penulis / NIM
JUSNI HASAN / 151409096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Jusni Hasan. 2013. Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Karakter Tokoh Drama pada Siswa kelas III SDN 59 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan tokoh dalam drama pada siswa kelas III SDN 59 Dumbo Raya Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan karakter tokoh dalam drama pada siswa kelas III SDN 59 Dumbo Raya Kota Gorontalo. melalui metode bermain peran.
Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, pengumpulan data adalah menggunakan hasil dari observasi,tes serta dokumentasi dengan 2 siklus dan 20 orang siswa. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan melalui metode bermain peran kemampuan siswa mengungkapkan karakter tokoh belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni siswa yang mampu 13 orang atau 65 % meningkat menjadi 17 orang atau 85 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan karakter tokoh drama.
Kata Kunci: Mengungkapkan Karakter Tokoh Drama, Metode Bermain Peran
Download berkas