Penulis / NIM
CICIN ABAS / 151409098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Cicin Abas. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II.
Masalah penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango akan meningkat?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “ jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa akan meningkat.” Hasil penelitian ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada tindakan siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan sebagaimana indikator kinerja yang ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
Download berkas