Penulis / NIM
MELISA PURNAMA SARI LUKUM / 151409100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
MELISA PURNAMA SARI LUKUM, NIM 151 409 100. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Cooperative Script Di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango”. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hawa Pattiiha S.pd M.pd dan Dra.Ratnarti Pahrun M.pd selaku pembimbing I dan pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Cooperative Script Di Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan evaluasi, dan tahap refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal bahwa masih terdapat 8 siswa dengan persentase 32% dan pada siklus I siswa yang hasil belajarnya telah mencapai KKM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan sekolah yakni 78%. Siklus I sebanyak 14 siswa dengan persentase 56%. Sedangkan pada siklus II siswa yang hasil belajarnya telah mencapai KKM sebanyak 20 siswa dengan persentase 80%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa belajar pada materi Berbicara di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Cooperative Script.
Download berkas