Penulis / NIM
SANDRAWATI MANTALI / 151409108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Sandrawati Mantali. 2013 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kewajiban Anak Dirumah Dan Disekolah Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Di Kelas 1 SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd Pembimbing II Nurhayati Tine S.Pdi.M.Hi.
Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.Tujuan pembelajaran PKn di sekolah dasar antara lain mengembangkan pengetahuan dan pemahaman nilai-nilai pancasila yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.namun pembelajaran PKn seringkali Mengalami masalah dalam proses pembelajaran dikarenakan siswa sebagai subjek belajar yang pasif, tidak mampu mengingat apa yang di pelajari sehingga tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model examples non examples. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) meningkatakan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunkan model examples non examples (2) tanggapan guru mengenai penerapan model examples non examples dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas 1 SDN1 Telaga Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan(2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari.instrumen penelitian ini adalah RPP,Pedoman Observasi,LKS dan Lembar Tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model examples non examples dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi kewajiban anak disekolah dan dirumah pada mata pelajaran PKn dengan menggukan model examples non examples di kelas 1 SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes tulis pada setiap siklus. Hasil tes tulis pada siklus I mencapai dan menjadi pada siklus II. Dari hasil observasi terdapat temuan lain yaitu penerapan model examples non examples dalam pembelajran PKn menjadikan siswa aktif.
Kata kunci : Pemahaman Siswa, Melalui Model Examples Non Examples.
?
Download berkas