SKRIPSI

Penulis / NIM
KARMILA AHMAD / 151409111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK Karmila,Ahmad, 2013. Analisis Kesalahan Membagi Bilangan Cacah di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ismail Pioke S.Pd M.Pd, dan pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd, M.Si. Permasalahan penelitian ini adalah “Menganalisis Kesalahan Membagi Bilangan Cacah di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango”. Penelitian bertujuan untuk mengukur Sejauh mana kemampuan siswa kelas II memahami materi mengenai pembagian bilangan cacah di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan instrumen penilaian menggnakan tes hasil balajar siswa dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas II SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango mengenai kesalahan membagi bilangan cacah untuk indikator kesalahan prosedural diantaranya kesalahan menulis soal, proses pengerjaan, penyelesaian tidak dilanjutkan dan kesalahan akibat tulisan sulit untuk dibaca. Yang terdapat banyak kesalahan yaitu terdapat pada sub indikator proses pengerjaan yakni sebesar 63,33 %. Sebagian siswa kelas 2 yang berada di SDN 6 Bulango Selatan kesalahannya terdapat pada proses pengerjaan. Dengan demikian disimpulkan berdasarkan hasil penelitian di kelas 2 SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango tentang pembelajaran matematika mengenai materi pembagian bilangan cacah masih banyak siswa yang belum memahami mengenai materi ini. Dari 30 orang siswa dapat dilihat dari hasil beberapa sub indikator penilaian, sub indikator kesalahan menulis soal tidak terdapat kesalahan, pada sub indikator kesalahan dalam proses pengerjaan yaitu sebesar 63,33 %, pada sub indikator penyelesaian tidak dilanjutkan yaitu 53,33 %, dan pada sub indikator kesalahan akibat tulisan sulit untuk dibaca yaitu 56,66 %. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Membagi Bilangan Cacah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011