Penulis / NIM
NURMALA KALUKU / 151409112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Nurmala Kaluku. 2013. Kemampuan Siswa Membaca Teks Bergambar Di Kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana kemampuan siswa membaca di kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa membaca teks bergambar di kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seluruh siswa kelas I SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa wawancara observasi serta dokumentasi.
Kemampuan siswa membaca teks bergambar di kelas 1 SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango berlangsung dengan hasil mencapai optimal dengan kemampuan sejumlah 20 orang atau persentase 76.92% , kurang mampu 5 orang atau 19.23% dan tidak mampu 1 orang-orang atau 3.85%.
Kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan teks bergambar menambah kemampuan siswa dalam membaca di kelas 1 SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango.
Kata Kunci : Kemampuan, Membaca, Teks Bergambar.
Download berkas