Penulis / NIM
LUSIANA NAPAYI / 151409114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Lusiana Napayi. 2013. Kemampuan Siswa Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek di Kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim. M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang. S.Pd. M.Pd.
Dengan rumusan masalah bagaimanakah kemampuan siswa menganalisis unsur intrinsik cerita pendek di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuannya untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis unsur intrinsik cerita pendek di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan menggambarkan kemampuan siswa menganalisis unsur intrinsik cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat kemampuan siswa yang sudah mampu telah mencapai 75 %. Sedangkan siswa yang tidak mampu hanya mencapai 25 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada masing-masing aspek sudah memuaskan. Sehingga proses pembelajaran siswa di kelas V khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menganalisis unsur intrinsik cerita pendek telah berhasil.
Kata Kunci : Menganalisis Unsur Intrinsik, Cerita Pendek.
Download berkas