Penulis / NIM
SULASTRI MOILO / 151409117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sulastri Moilo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Panas Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 96 Sipatana. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi panas di kelas IV SDN 96 sipatana. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi tentang energi panas dikelas IV SDN 96 Sipatana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 19 siswa kelas IV SDN 96 Sipatana. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Jika guru menggunakan metode demonstrasi pada materi energi panas, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 96 Sipatana akan meningkat”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 sebanyak 10 siswa dengan presentase 52,63%. Sedangkan pada siklus II, telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 17 siswa dengan presentase 89,47%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi panas di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi Panas, Metode Demonstrasi.
Download berkas