Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
ABSTRAK
Nurain Hiola, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Masalah-masalah sosial dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pada materi masalah-masalah sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bolango. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan Tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Yang mana dari 20 siswa yang diteliti 10 (50%) siswa yang belum tuntas dan 10 (50%) siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dari 20 siswa yang diteliti 4 (20%) siswa yang belum tuntas dan 16 (80%) siswa yang sudah tuntas.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tipe Group Investigation