Penulis / NIM
AGRIONI DWI PUTRI LAHAY / 151409124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Agrioni Dwi Putri Lahay. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelapukan dan jenis-jenis tanah melalui metode discovery di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode discovery hasil belajar siswa pada materi pelapukan dan jenis-jenis tanah di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelapukan dan jenis-jenis tanah melalui metode discovery di kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 orang siswa terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan, dengan hipotesis tindakan yaitu jika guru menggunakan metode discovery pada materi pelapukan dan jenis-jenis tanah maka hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang mencapai ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 15 siswa atau 44% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 91% atau sudah mencapai KKM. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pelapukan dan jenis-jenis tanah dapat ditingkatkan melalui metode discovery.
Kata Kunci : Hasil belajar, metode discovery
Download berkas