Penulis / NIM
SRI ETAN RAHIM / 151409127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terlibat dalam semua kegiatan belajar mengajar. Diantara faktor-faktor tersebut adalah siswa, guru, kebijakan pemerintah dalam membuat kurikulum, serta dalam proses belajar seperti metode sarana dan prasarana (media pembelajaran), model, dan pendekatan belajar yang digunakan. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai bagian integral dari kurikulum pembelajaran di persekolahan, selayaknya disampaikan secara menarik dan penuh makna dengan memadukan seluruh komponen pemebalajaran secara efektif. Selain itu, IPS sebagai disiplin ilmu yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap dinamika perkembangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Penetapan indikator kinerja pada penelitian ini adalah 75% siswa yang dikenai tindakan mendapat 75. Berdasarkan data yang diperoleh mengenai pemahaman siswa materi jual beli pada siklus I, yaitu, dengan kategori tuntas berjumlah 22 orang atau dengan persentase 61,11% dan yang tidak tuntas 14 orang dengan persentase 39,99% . dan pada siklus II. dengan kategori tuntas berjumlah 33 orang atau dengan persentase 91,66% dan yang tidak tuntas 3 orang dengan persentase 8,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa materi jual beli di kelas III SDN 9 limboto Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Media Audio Visual
Download berkas