Penulis / NIM
SITTY SASTIA MALASAI / 151409129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Sitty Sastia Malasai, 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Menampilkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Induktif Di Kelas II SDN 2 Suwawa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,. Pembimbing I Dra. Elmia Umar. M.Pd Dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag. MA
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan adalah “Apakah dengan menggunakan Pendekatan induktif siswa dapat meningkatkan pemahaman dalam materi Menampilkan nilai-nilai pancasila melalui pendekatan induktif dalam pembelajaran PKn?” Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi Menampilkan nilai-nilai pancasila melalui pendekatan induktif dalam pembelajaran PKn kelas II SDN 2 Suwawa, Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango.
Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I tentang Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Menampilkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pendekatan Induktif Di Kelas II SDN 2 Suwawa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango hanya mencapai 66,66% (12 orang) dari jumlah siswa Sebanyak 18 orang. Sementara pada siklus II mencapai 88,88% (16 orang) dari Jumlah siswa sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, pemahaman Nilai-nilai pancasila siswa kelas II SDN 2 Suwawa, Kec. Suwawa. Kab. Bone Bolango meningkat sebesar 22,22% dari siklus I ke siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran induktif sangat Efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila siswa di kelas II SDN 2 Suwawa, Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango.
Kata Kunci : Pemahaman, Nilai-nilai Pancasila Siswa dan Pendekatan Induktif
Download berkas