Penulis / NIM
NIKMA H. MUHAMMAD / 151409130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Nikma H. Muhammad, 2013. Deskripsi Kemampuan Siswa Mengurangi
Pecahan di SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi.
Program Studi S1, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Unversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Ismail Pioke S.Pd, M.Pd
dan pembimbing II : Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi kemampuan siswa
mengurangi pecahan di SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran atau deskripsi kemampuan
siswa mengurangi pecahan di SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten
Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian didapatkan bahwa persentase capaian kemampuan di tiap indikator
ataupun tahapan analisis soal mencapai 72,22% atau 13 orang, tahapan perencanaan
dan penyelesaian tes 44,55% atau 8 orang, dan tahapan menentukan hasil mencapai
50% atau 9 orang. Sementara hasil ketercapain kemampuan siswa yang mampu pada
persentase kemampuan keseluruhan mencapai 61,11% atau 11 orang dan siswa yang
tidak mampu mencapai 38,88% atau 7 orang. Dengan persentase rata-rata
kemampuan mencapai 71,72%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengurangi pecahan
di SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo sudah mampu.
Kata Kunci : Kemampuan, Mengurangi, Pecahan
Download berkas