Penulis / NIM
FRAVITA YULIANA DANIEL / 151409133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Fravita Yuliana Daniel. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Pembentukan Tanah Melalui Metode Discovery Di Kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi proses pembentukan tanah dapat ditingkatkan melalui metode discovery di Kelas V SDN 4 Telaga? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses pembentukan tanah melalui metode discovery di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 36 siswa kelas V SDN 4 Telaga. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran materi proses pembentukan tanah menggunakan metode discovery, maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 69 sebanyak 21 siswa dengan presentase 58%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 30 siswa dengan presentase 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa dengan penggunaan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang proses pembentukan tanah di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil belajar, Proses Pembentukan Tanah, Metode Discovery
Download berkas