Penulis / NIM
FERNY BADJUKA / 151409136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Ferny Badjuka. 2013. Meningkatkan pemahaman siswa pada materi harga diri dengan menggunakan model Number Heads Together (NHT) di Kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. ElmiaUmar, M.Pd, pembimbing II Nurhayati Tine S.Pdi.I.MH.i
Permasalahan dalam penelitian ini apakah model Number heads together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi harga diri di kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango pada materi harga diri melalui model Number Heads Together (NHT).
Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan pemahaman siswa kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango pada pembelajaran PKn tentang harga diri dari siklus kesiklus.Hal tersebut ditunjukan oleh hasil pemahaman siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 20 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 10 orang siswa yang memperoleh nilai 75 keatas atau sebanyak 50%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari20 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 keatas berjumlah18 orang atau 90%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila 75% menunjukan pemahaman belajar yang baik dengan mendapatkan nilai 75 keatas maka penelitian ini dianggap berhasil.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian berbunyi “Terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang materi Harga diri melalui model pembelajaran
Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn Kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango”, terbukti.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa dan Number heads together
Download berkas