Penulis / NIM
NUR FADJRIN PANIGORO / 151409139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Nur Fadjrin Panigoro, 2013. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Two Stay Two Stray ( TS-TS) di kelas V SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni MohamadS.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj Salma Halidu, S.Pd. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “ Apakah dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TS-TS), keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo melalui model Two Stay Two Stray (TS-TS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tekhnik analisis kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa di kelas V SDN 2 Telaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 13 siswa atau 59 % yang sudah terampil dalam berbicara. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yakni 80 %, sehingga perlu diadakan tindak lanjut kesiklus II. Pada siklus II terdapat 20 Siswa atau 90 % yang telah terampil dalam berbicara. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap berhasil dan tuntas. Disimpulkan bahwa model Two Stay two Stray ( TS-TS ) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Model Two Stay Two Stray
Download berkas