SKRIPSI

Penulis / NIM
NONA MELIYAWATI H. KAI / 151409145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK NONA MELIYAWATI H. KAI. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi melalui model pembelajaran koopratif tipe student team achievement division (STAD) di Kelas V SDN 08 Limboto Barat. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang materi struktur bumi di kelas V SDN 08 Limboto Barat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi struktur bumi melalui model pembelajaran koopratif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diKelas V SDN 08 Limboto Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), maka hasil belajar siswa pada materi struktur bumi dikelas V SDN 08 Limboto Barat akan meningkat. Dari hasil model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). diperoleh data bahwa pada pelaksanaan observasi awal terdapat 45% anak pada kategori tuntas, siklus I terdapat 65.2% siswa yang termasuk pada kategori tuntas. Siklus II terdapat 82.6% pada kategori tuntas. Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), maka hasil belajar siswa pada materi struktur bumi di kelas V SDN 08 Limboto Barat akan meningkat” dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011