Penulis / NIM
NONA MELIYAWATI H. KAI / 151409145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
NONA MELIYAWATI H. KAI. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi melalui model pembelajaran koopratif tipe student team achievement division (STAD) di Kelas V SDN 08 Limboto Barat. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang materi struktur bumi di kelas V SDN 08 Limboto Barat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi struktur bumi melalui model pembelajaran koopratif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diKelas V SDN 08 Limboto Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), maka hasil belajar siswa pada materi struktur bumi dikelas V SDN 08 Limboto Barat akan meningkat. Dari hasil model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). diperoleh data bahwa pada pelaksanaan observasi awal terdapat 45% anak pada kategori tuntas, siklus I terdapat 65.2% siswa yang termasuk pada kategori tuntas. Siklus II terdapat 82.6% pada kategori tuntas. Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), maka hasil belajar siswa pada materi struktur bumi di kelas V SDN 08 Limboto Barat akan meningkat” dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Download berkas