Penulis / NIM
ERIS FENAWATY EFENDI KARIYADI / 151409148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
A B S T R A K
Eris. F. E. Kariyadi. 2013 Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dra.Hj.Pertiwi Laboro, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa di kelas 1 SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data secara kualitatif. Dalam penelitian ini dari jumlah siswa (27) orang siswa, 23 orang siswa atau 85% sudah mampu membaca permulaan dengan kategori baik dan sangat baik, sedangkan 4 orang siswa atau 15% tidak mampu dalam membaca permulaan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan adanya upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa di kelas 1 SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, upaya guru sudah dikatakan baik.
Kata kunci : Guru, Kesulitan Membaca
Download berkas