Penulis / NIM
RINI U. DJANGGA / 151409149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Rini U. Djangga. 2013.Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Anak Melalui Model Number Head Together Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Molanihu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd Pembimbing I dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah keterampilan menulis pantun anak melalui model Number Head Together pada siswa kelas IV SDN 1 Molanihu Kabupaten Gorontalo meningkat?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun anak melalui model Number Head Together pada siswa kelas IV SDN 1 Molanihu Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Molanihu Kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil siklus I yang mampu 11 orang atau 55% dan belum mampu 9 orang atau 45%. Pada siklus II siswa yang telah mampu menulis pantun anak sebanyak 18 orang atau 90% dan yang belum mampu menulis pantun anak sebanyak 2 orang atau 10%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Number Head Together dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas Iv SDN 1 Molanihu Kabupaten Gorontalo dalam menulis pantun anak.
Kata Kunci: Menulis, Pantun, Numbered Head Together.
Download berkas