Penulis / NIM
RUSNI MANGGOPA / 151409152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Rusni Manggopa. 2013 ā€¯Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas V SDN 2 Pusian Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam di kelas V SDN 2 Pusian Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui media lingkungan sebagai sumber belajar. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika dalam pembelajaran digunakan media lingkungan sebagai sumber belajar di kelas V SDN 2 Pusian Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang
Mongondow, maka hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Pusian Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow.
Kata kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, Media Lingkungan Sebagai
Sumber Belajar
Download berkas