ABSTRAK
Paramita Elen Supu, 2013. “ Penerapan Media Audio Visual Dalam Bermain Drama Di kelas V SDN I Buko Kecamatan Pinogaluman ’’. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Hj.Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Media Audio Visual Dalam Bermain Drama Di kelas SDN I Buko Kecamatan Pinogaluman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Media Audio Visual Dalam Bermain Drama Di Kelas V SDN I Buko Kecamatan Pinogaluman. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan dengan subjek penelitian 36 orang siswa di SDN I Buko Kecamatan Pinogaluman tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara serta dokumentasi. Sesuai dengan hasil penelitian di kelas V SDN I Buko, kemampuan secara keseluruhan pada siswa kelas V yaitu 26 orang siswa atau 72,22 % siswa yang sudah mampu, kurang mampu 5 orang 13,89 % dan siswa tidak mampu sekitar 5 orang siswa atau 13,89%. Kesimpulan pada penelitian ini penerapan Media Audio Visual Di Kelas V SDN 1 Buko Kecamatan Pinogaluman, tingkat kemampuan yang dimiliki untuk penerapan pada setiap individu berbeda-beda, ada kemampuan siswa yang tinggi maupun yang rendah. Penerapan merupakan suatu perbuatan mempraktekkan suatu teori, metode, dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk suatu kepentingan yang diinginkan oleh suatu kelompok atau golongan yang telah terencana dan tersusun sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media audio visual dapat membantu siswa dalam bermain drama di kelas V SDN I Buko Kecamatan Pinogaluman.
Kata kunci : Media audio visual, Bermain drama