SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIA ISMAIL / 151409155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Fitria Ismail. 2013. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Matematika di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dalam pembelajaran matematika”. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN 6 Bulango Selatan, kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN 6 Bulango Selatan tahun pelajaran 2012/2013 dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika, telah dilaksanakan dengan baik, terdiri dari 6 (enam) langkah utama yaitu: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi, menyajikan materi, mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, memberikan evaluasi, dan memberikan penghargaan. Dampak dari pembelajaran tersebut dapat dilihat atau diamati dengan jelas ketika proses pembelajaran berlangsung, yaitu guru ataupun siswa sudah menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan benar, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa terlihat baik, selain itu siswa dapat berinteraksi dan bekerja sama dalam kelompok. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat diterapkan guru di dalam kelas, khususnya dalam pembelajaran matematika untuk memudahkan anggota-anggota kelompok berinteraksi secara aktif, serta bekerja sama dalam kelompok. terutama adanya penghargaan yang diberikan guru pada kelompok terbaik. Pemberian penghargaan ini telah memunculkan efek positif pada siswa sehingga siswa semakin antusias untuk mengikuti pelajaran. Kata kunci : Penerapan, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011