Penulis / NIM
USMAN AS ALI / 151409157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Usman As. Ali. 2013 Meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur – unsur drama melalui model jigsaw Penelitian di kelas V SDN II Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur – unsur cerita drama di kelas V SDN II Suwawa Kabupaten Bone Bolango?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur – unsur drama melalui model jigsaw di kelas V SDN II Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur – unsur drama. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 25% (9 orang), pada siklus 1 mencapai 38,89% (14 orang), dan pada siklus II 88,89% (32 orang) dari 36 orang siswa.
Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur – unsur drama di kelas V SDN II Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Unsur – Unsur Drama, Model Jigsaw
Download berkas