Penulis / NIM
SUWARNI DUNGGIO / 151409160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Suwarni Dunggio, 2013. Analisis Kesalahan Menjumlah Pecahan di SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd M.Pd.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana analisis kesalahan menjumlah pecahan di SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan menjumlah pecahan yang dilakukan siswa di SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Jenis penelitian adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan instrumen penilaian menggunakan tes hasil belajar siswa dengan menggunakan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang ada di SDN 1 Suwawa memperoleh hasil presentase yang dapat dilihat dari 2 sub indikator penilaian, yakni sub indikator kesalahan dalam melakukan operasi penjumlahan terdapat kesalahan yaitu sebesar 11 atau 47,83 %, dan pada sub indikator penyelesaian soal yang tidak dilanjutkan yaitu sebesar 14 atau 60,87 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika mengenai materi penjumlahan pecahan masih banyak siswa yang belum memahami mengenai materi ini.
Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Menjumlah, Pecahan
Download berkas