SKRIPSI

Penulis / NIM
WIRNA HAMZAH / 151409161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Wirna Hamzah. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Bentuk Bumi Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas III SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas ILmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan hasil belajar tentang bentuk bumi di Kelas III SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian adalah Untuk Meningkatkan hasil belajar Siswa tentang bentuk bumi Melalui Metode Demonstrasi di Kelas III SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatakan Hasil belajar tentang bentuk bumi melalui metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data, Dari jumlah siswa 33 orang yang dikenai tindakan hanya 11 orang siswa (33.33%) yang memperoleh nilai 70 keatas atau sudah dapat dikatakan hasil belajarnya meningkat, 22 orang siswa (66.66%) yang memperoleh nilai 70 kebawah atau dikatakan hasil belajarnya masih kurang kurang. Daya serap siswa dari siklus I adalah 51.96%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana dari 33 orang siswa yang memperoleh nilai 70 keatas berjumlah 27 orang (81,81%) atau dikatakan hasil belajarnya terhadap materi bentuk bumi sudah meningkat, 6 orang siswa (18,18%) atau belum paham tentang materi bentuk bumi. Daya serap siswa dari siklus II adalah 73,18%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi, hasil belajar siswa tentang materi Bentuk bumi di kelas III SDN 1 Telaga kecamatan Telaga kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Demonstrasi, Bentuk bumi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011