Penulis / NIM
HAPRI DJAMA / 151409162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Hapri Djama, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Buku Cerita yang Bersifat Eksposisi Melalui Model Cooperatif Sript Di Kelas V SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis ringkasan buku cerita yang bersifat eksposisi di Kelas V SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui model cooperatif sript? Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dalam menulis ringkasan buku cerita yang bersifat eksposisi melalui model cooperatif sript.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Sifat penelitian kualitatif analisis proses, dan kuantitatif analisis hasil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi dan dokumentasi dengan dilaksanakan dalam dua siklus melalui jawaban siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi awal kemampuan siswa menulis ringkasan buku cerita yang bersifat eksposisi hanya 8 orang (40 %), pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 orang (60%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang (85%). Indikator kinerja yang ditetapkan hanya 16 orang (80 %). Dengan demikian, hasil yang diperoleh telah mencapai bahkan melampaui indikator kinerja, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Adapun hasil aktivitas guru pada siklus I yang diperoleh guru mitra sebanyak 16 aspek (66,6%), sedangkan peneliti mencapai 15 aspek (62,5%). Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus II yang diperoleh guru mitra sebanyak 22 aspek (91,6%), sedangkan peneliti mencapai 23 aspek (96%).
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis ringkasan buku cerita yang bersifat eksposisi di Kelas V SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui model cooperatif sript.
Kata Kunci: ringkasan cerita, eksposisi, model cooperatif sript.
Download berkas