Penulis / NIM
IRAWATI DUMA / 151409164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
A B S T R A K
Irawati Duma. 2013. Kemampuan Menceritakan Hasil Pengamatan Siswa Kelas V di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Gorontalo. SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menceritakan hasil pengamatan menggunakan metode karyawisata pada siswa kelas V di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan hasil pengamatan melalui metode karyawisata pada siswa kelas V di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif sehingga peneliti mengamati langsung proses pembelajaran agar data yang dikumpulkan benar-benar akurat sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian dari 21 siswa yang sudah menceritakan hasil pengamatan 14 siswa (66,6%) sudah dikatakan mampu bercerita dan 6 siswa (28,5 %) kurang mampu berceritra. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan bercerita siswa sudah lebih baik dan siswa berani bercerita di depan kelas, walaupun masih ada kendala – kendala yang dihadapi. Namun guru tetap memberikan penguatan kepada siswa agar siswa mau belajar lebih giat untuk mencapai hasil yang maksimal.
Kata kunci : menceritakan, pengamatan
Download berkas