Penulis / NIM
JULANDA SURIANI PADUNGO / 151409167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Julanda Suriani Padungo, 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perkembangan Teknologi Produksi melalui Model Group Investigation di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs.H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II, Dra, Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah melalui model Group Investigation hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Bulango Selatan, dalam pelajaran IPS dapat di tingkatkan ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model Group Investigation.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan yang berjumlah 25 orang yang dilaksanakan dalam 2 siklus telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model Group Investigation. Hal ini telah dibuktikan oleh hasil analisis terhadap data yang dikumpulkan.
Dari hasil tersebut menunjukan bahwa indikator dicapai sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa telah meningkat dengan rincian hasil siklus I mencapai 66,8 dengan presentase ketuntasan 48% sedangkan siklus II meningkat menjadi 73,6 dengan presentase ketuntasan 84%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group Investigation sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Bulango Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan model Group Investigation
Download berkas