Penulis / NIM
MEILAN LUAWO / 151409170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Meilan Luawo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs.Djotin Mokoginta, S.Pd M.Pd, Pembimbing II: Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode inkuiri hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango akan meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet melalui metode inkuiri di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hipotesis tindakan ’Jika dalam pembelajaran IPA materi gaya magnet digunakan metode inkuiri, maka hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Bulango Timur akan meningkat’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang mencapai ketuntasan dengan KKM 80 sebanyak 15 siswa (55.6%) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa (81.5%). Sementara yang mencapai nilai di bawah KKM pada siklus I berjumlah 12 siswa (44.4%) sedangkan pada siklus II berjumlah 5 siswa (18.5%). Hasil diperoleh dari perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan setelah melalui refleksi yang telah dilaksanakan bersama guru kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Metode Inkuiri
Download berkas