Penulis / NIM
SRI YANTI PANIGORO / 151409173
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yanti Panigoro.2013. Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Kongkrit Pada Siswa Kelas II di SDN 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd M.Pd, Pembimbing II : Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui media kongkrit kemampuan bercerita siswa kelas II di SDN 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui Media kongkrit pada siswa kelas II di SDN 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan di dua siklus pada penelitian siklus I siswa yang mampu bercerita hanya sebesar 45%, dan yang tidak mampu 11 orang atau 55%, siklus ke II terjadi peningkatan kemampuan bercerita meningkat menjadi 90% atau 18 siswa. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita pada siswa kelas II di SDN 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui penggunaan media kongkrit
Kata Kunci: Bercerita, Media kongkrit
Download berkas