Penulis / NIM
HADIJAH MOHAMAD / 151409176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Hadijah Mohamad, 2013. Penerapan Metode Role Playing Dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode Role Playing dalam bermain drama pada siswa Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Role Playing dalam bermain drama pada siswa Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara bertahap, dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi aspek dalam penelitian ini adalah ekspresi, penghayatan, lafal dan intonasi dalam drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dalam bermain drama pada siswa Kelas V dapat diterapkan. Hasil secara keseluruhan siswa dapat bermain drama melalui penerapan metode Role Playing bejumlah 14 orang atau 70%, siswa yang kurang dapat bermain drama melalui metode Role Playing bejumlah 4 orang atau 20% dan siswa yang tidak dapat bermain drama melalui penerapan metode Role Playing berjumlah 2 orang atau 10%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Role Playing dalam bermain drama pada siswa Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango dapat diterapkan.
Kata kunci: Drama, Role Playing.
Download berkas