SKRIPSI

Penulis / NIM
VIVIN SEPTIYANA IMULA / 151409177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK Vivin Septiana Imula. 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Masalah Sosial Melalui Media Audio Visual Di Kelas IV SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. (Skripsi). Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa pada materi masalah sosial di kelas IV SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui media audio visual? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi masalah sosial melalui penggunaan media audio visual di kelas IV SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data meliputi : tes, dan observasi. Data yang telah diperoleh melalui instrumen selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, untuk selanjutnya dikonversikan dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terlihat bahwa 3 aspek tentang (1) Aspek kerjasama terdapat 8 orang siswa (40%) kategori baik, 7 orang siswa (35%) kategori cukup dan 5 orang siswa (25%) kategori kurang. (2) Aspek keberanian terdapat 6 orang siswa (30%) kategori baik, 8 orang siswa (40%) kategori cukup dan 6 orang siswa (30%) kategori kurang. (3) Aspek menyimpulkan terdapat 7 orang siswa (35%) kategori baik, 8 orang siswa (40%) kategori cukup dan 5 orang siswa (25%) kategori kurang. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 2 menunjukkan bahwa, terlihat 3 aspek tentang (1) Aspek kerjasama terdapat 18 orang siswa (90%) kategori baik, dan 2 orang siswa (10%) kategori cukup. (2) Aspek keberanian terdapat 18 orang siswa (90%) kategori baik dan 2 orang siswa (10%) kategori cukup. (3) Aspek menyimpulkan terdapat 17 orang siswa (85%) kategori baik dan 3 orang siswa (15%) kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian yang berbunyi : “Jika media audio visual digunakan dalam proses pembelajaran, maka pemahaman siswa pada materi masalah sosial di kelas IV SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo akan meningkat“ maka penelitian ini dinyatakan berhasil atau hipotesisnya diterima. Kata kunci : Pemahaman siswa, Media audio visual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011