Penulis / NIM
WITA KURNIYATI MUSLIM / 151409178
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Abstrak
Wita Kurniyati Muslim 2013 Skripsi Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Melalui Media Visual Gambar Seri Di Kelas III SDN 5 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr Yusuf Jafar MPd dan Pembimbing II Dra Hj Salma Halidu SPd MPd
masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media visual gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa di kelas III SDN 5 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan pelaksanaan tindakan observasi dan evaluasi serta analisis dan refleksi Penetapan indikator kinerja pada penelitian ini adalah setelah dilakukan pembelajaran dengan media visualgambar seri 75% siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan bercerita dan skor pengamatan aktivitas guru dan juga aktivitas siswa minimal 75% Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Berdasarkan data yang diperoleh mengenai kemampuan bercerita dari 20 orang siswa pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 12 orang atau 60% dan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 20 orang siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 19 orang atau 95% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media visual gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa di kelas III SDN 5 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci Kemampuan Bercerita Media Visual Gambar Seri
Download berkas