Penulis / NIM
YUGI RAHMATIYA ISMAIL / 151409180
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Yugi Rahmatiya Ismail. 2013. Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Kubus di SDN 03 Bulango Timur Kabupeten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2013, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd M.Pd
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menghitung volume kubus di SDN 03 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango“. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menghitung volume kubus di SDN 03 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran tentang peran model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menghitung volume kubus di SDN 03 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) siswa sangat antusias dan senang karena mereka bisa belajar secara berkelompok. Hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi menghitung volume kubus meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan menghitung volume kubus di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango hal ini ditunjukan oleh antusias dan rasa senang siswa karena bisa bekerja secara kelompok.
Kata kunci : Student teams achievement divisions (STAD), Volume Kubus
Download berkas