SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRAWATI PATILA / 151409181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK Indrawati Patila. NIM 151409181, 2013. Implementasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ismail Pioke S.Pd. M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd. M.Si. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui prosedur angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Suwawa dengan Indikator Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi yaitu dari hasil angket yang dibagikan kepada guru kelas I-VI, dan hasil observasi yang telah dilakukan serta diperkuat dengan dokumentasi yang sudah ada yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), jelas telah nampak bahwa implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Suwawa telah dilaksanakan/diterapkan. Meskipun masih ada guru yang belum menerapkannya tetapi dilihat dari hasil keseluruhan guru di SDN 2 Suwawa sudah menerapkan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas di SDN 2 Suwawa sebagian besar sudah menerapkan Pembelajaran Kontekstual pada pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari hasil angket yang disebarkan kepada guru kelas dan dari hasil pengamatan/observasi yang telah dilakukan serta diperkuat dengan adanya dokumentasi berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran, Kontekstual Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011