Penulis / NIM
NOVIANA RIVAI / 151409184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Noviana Rivai, 2012. Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Teknik Dengar-Cerita di kelas II SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Gorontalo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I dan Pembimbing II DR. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, dan Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd Tahun 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakan peningkatan keterampilan menyimak melalui teknik dengar-cerita di kelas II SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menyimak melalui teknik dengar-cerita.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo yang memiliki aktivitas belajar siswa terdiri dari 33 siswa. Berdasarkan hasil observasi rata-rata aktivitas belajar siswa pada kondisi awal adalah 55 % atau tergolong kurang, kemudian pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa naik menjadi 70 % atau tergolong sedang, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi 85 % atau tergolong naik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik dengar-cerita dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada pelajaran Bahasa Indonesia, di kelas II SDN No. 90 Sipatana kota Gorontalo menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yang mencapai 30 % dari observasi awal.
Kata Kunci : Peningkatan Keterampilan menyimak, Teknik Dengar-Cerita
Download berkas