Penulis / NIM
						NASRUN / 151409185
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
						Pembimbing 2 / NIDN
						ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
						Abstrak
						ABSTRAK
Nasrun. 2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas III SDN 2 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Pembimbing I : Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd Pembimbing II : Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN Nomor 2 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 2 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango melalui penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. 
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dikenai tindakan, pemahaman siswa dalam konsep luas persegi panjang telah meningkat dari 18 siswa atau 60% sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menjadi  21 siswa atau 71,65% setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sedangkan siswa yang belum paham terhadap konsep luas persegi panjang berkurang dari 12 siswa atau 40% menjadi 9 siswa atau 28,35%. Data siklus II menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dikenai tindakan, pemahaman siswa dalam konsep luas persegi panjang telah meningkat dari 21 siswa atau 71,65% pada siklus I menjadi  27 siswa atau 91,65% pada siklus II, sedangkan siswa yang belum paham terhadap konsep luas persegi panjang berkurang dari 9 siswa atau 28,35% menjadi 3 siswa atau 8,35%. 
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pemahaman konsep luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN Nomor 2 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata kunci: pemahaman, konsep luas, persegi panjang, Number Head Together (NHT)
						Download berkas