Penulis / NIM
NURLAILA M ISMAIL / 151409186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaila M. Ismail. 2013. Gambaran Kemampuan Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program S1 PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M,Pd. Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membandingkan dan mengurutkan pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur ? Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana kemampuan membandingkan dan mengurutkan pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan membandingkan dan mengurutkan pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membandingkan dan mengurutkan pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango yakni dari 20 orang siswa di kelas IV yang mampu membandingkan pecahan berjumlah 19 orang siswa atau 95%, siswa yang kurang mampu membandingkan pecahan berjumlah 1 orang siswa atau 5%. Sedangkan siswa yang mampu mengurutkan pecahan berjumlah 12 orang siswa atau 60%, siswa yang kurang mampu mengurutkan pecahan berjumlah 4 orang siswa atau 20%, dan siswa yang tidak mampu mengurutkan pecahan berjumlah 4 orang siswa atau 20%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango mampu membandingkan dan mengurutkan pecahan.
Kata-Kata Kunci : Kemampuan, Membandingkan, Mengurutkan, Pecahan
Download berkas