SKRIPSI

Penulis / NIM
MARWAN A. MOHUNE / 151409188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Marwan a. Mohune, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran PKN Di SDN I Telaga. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing (1) Dra. Elmia Umar, M.Pd, (2) Samsi Pomalingo S.Ag. MA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn di SDN I Telaga, (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN I Telaga, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk memecahkan kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN I Telaga. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn di SDN I Telaga, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN I Telaga, untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk memecahkan kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN I Telaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif, dengan hasil penlitiannya yaitu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN I Telaga, membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dalam penerapannya juga menemui beberapa kendala diantaranya adalah siswa yang tidak mau untuk bekerja kelompok. Selain itu juga waktu yang digunakan untuk penerapan model pembelajaran STAD tidak cukup, sehingga membutuhkan cara atau pendekatan tersendiri oleh guru dalam mengatasi semua kendala yang dihadapi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Di Kelas V SDN I Telaga dilaksanakan tidak secara rutin oleh guru pengajar, tetapi pembelajaran dengan model ini dirasa sangat menyenangkan oleh siswa, saat penerapannya juga ditemui beberapa kendala dan hambatan, namum dapat diatasi dengan baik oleh guru pengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD,
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011