SKRIPSI

Penulis / NIM
DELI MA'RUF / 151409192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Deli Ma’ruf, NIM 151 409 192. Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan penelitian adalah Bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar operasi hitung bilangan bulat pada siswa di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar operasi hitung bilangan bulat pada siswa di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam mengumpulkan data teknik yang digunakan melalui prosedur angket dan wawancara. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal dapat dilihat dari motivasi siswa dalam memberikan pertanyaan pada saat guru sedang menyampaikan materi operasi hitung bilangan bulat. Dan faktor eksternal dapat dilihat dari : Pengertian orang tua yaitu dorongan dari orang tua bila sedang menemui kesulitan belajar di sekolah, Waktu yang disediakan guru untuk bercengkrama dengan siswa mengenai kesulitan belajar yang dialami siswa, dan waktu yang disediakan guru di rumah untuk membimbing mengenai kesulitan belajar yang dialami siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar operasi hitung bilangan bulat pada siswa diantaranya adalah : kurangnya motivasi siswa dalam belajar operasi hitung bilangan bulat khususnya dalam memberikan pertanyaan, siswa kadang-kadang memberikan pertanyaan saat pelajaran berlangsung terutama pada materi yang mereka belum pahami sehingga mereka mengalami kesulitan dalam belajar operasi hitung bilangan bulat. Kurangnya pengertian orang tua, dorongan dari orang tua bila sedang menemui kesulitan belajar di sekolah. Kurangnya waktu yang disediakan guru untuk bercengkrama terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kurangnya waktu yang disediakan guru di rumah untuk membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kata Kunci : Deskripsi faktor-faktor, hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011