SKRIPSI

Penulis / NIM
DELY D. MODANGGU / 151409197
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Dely. D. Modanggu. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 26 Paguyaman Kabupaten Boalemo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah dengan menggunakan metode eksperimen, hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 26 Paguyaman Kabupaten boalemo dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi melalui metode eksperimen di IV SDN 26 Paguyaman Kabupaten boalemo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kaji tindak yang dilaksanakan di kelas IV SDN 26 Paguyaman Kabupaten boalemo dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 20 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 20 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja mencapai 80% dari hasil yang dicapai pada observasi awal mencapai 40% atau 8 orang yang sudah tuntas hasil belajar, kemudian pada siklus I mencapai 65% atau 13 orang yang sudah tuntas hal ini belum mencapai indikator kinerja, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai dengan ketuntasan mencapai 90% atau 18 orang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 26 Paguyaman Kabupaten boalemo dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Energi Bunyi, Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011