Penulis / NIM
NISSA WAHYUNI NALOLE / 151409198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Nissa Wahyuni Nalole. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd M.Si dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan menggunakan empat tahapan yaitu tahan perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara klasikal diperoleh peningkatan ketuntasan belajar yaitu pada siklus I siswa yang memperoleh nilai 82 keatas sebanyak 11 orang atau 55% sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai 82 keatas sebanyak 18 orang atau 90% dari 20 orang siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Numbered Heads Together, hasil belajar.
Download berkas