Penulis / NIM
SRI NOVIANTI TONUO / 151409199
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Sri Novianti Tonuo. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah Kemampuan Menulis Pengumuman dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?” . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis pengumuman melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan yang dilaksanakan dalam dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisi dan refleksi .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil kemampuan siswa menulis pengumuman dari observasi awal sejumlah siswa yang mampu 8 orang atas sebesar 30.77 pada siklus I meningkat menjadi 20 orang siswa atau sebesar 76,92% dan pada siklus II mengalami peningkatan melebihi indicator capaian sejumlah 24 orang siswa atau sebesar 92,30%. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis pengumuman pada siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Menulis Pengumuman, Pendekatan Kontekstual.
Download berkas