Penulis / NIM
						SRIANCO SULEMAN / 151409200
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
						Abstrak
						ABSTRAK
Srianco Suleman. 2013. Meningkatkan Kemampuan Melengkapi Percakapan Melalui Teknik Clos Pada Siswa Kelas IV SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI .Dra.Ratnarti Pahrun,M.Pd, Pembimbing II. Dra.Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini  adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melengkapi percakapan di kelas IV SDN 22 Limboto kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang proses peningkatan kemampuan melengkapi percakapan melalui teknik clos. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan bahan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya melengkapi percakapan melalui teknik clos. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah 20 0rang laki-laki 9 orang perempuan 12 orang.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan melengkapi percakapan melalui teknik clos pada siswa kelas IV SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo menunjukan ketuntasan yang di peroleh siswa pada siklus I meningkat menjadi 9 orang atau sebesar 45 % dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 16 orang atau ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian dapat  disimpulkan bahwa kemampuan melengkapi percakapan melalui teknik clos pada siswa kelas IV SDN 22 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat meningkat  dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan.
Kata Kunci	:  Melengkapi, percakapan, dan teknik clos.
						Download berkas