NURHAYATI H. MAYANG / 151409201
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
ABSTRAK
Nurhayati H Mayang. NIM. 151 409 201 Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengubah Pecahan Biasa Ke Desimal di Kelas V SDN 8 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi 2014. Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra.Martianty Nalole, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan siswa mengubah pecahan biasa ke desimal di kelas V SDN 8 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan mengubah pecahan biasa ke desimal di kelas V SDN 8 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.Metode penelitian ini dimaksud untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengubah pecahan biasa ke desimal di kelas V SDN 8 Limboto Barat Kab. Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian diperoleh melalui proses wawancara bersama guru bahwa upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan mengubah pecahan biasa ke desimal adalah menggunakan media karton, menjelaskan cara mengubah pecahan biasa ke desimal dengan cara penyebut berbasis seratus dan dengan cara pembagian bersusun, memvariasikan metode tanya jawab dan latihan, serta menggunakan metode pemberian tugas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa upaya guru meningkatkan kemampuan mengubah pecahan biasa ke desimal yaitu dengan cara penyebut berbasis seratus tidak dilakukan oleh guru.
Kata kunci: Upaya, Kemampuan, mengubah, pecahan biasa, desimal