Penulis / NIM
ROSLINDA DJALILU / 151409203
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Roslinda Djalilu. 2013. Penerapan Model Artikulasi dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dr.Yusuf Jafar,M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj.Salma Halidu,S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model artikulasi dan aktivitas belajar siswa dalam hal ini membaca pemahaman saat model artikulasi diterapkan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 7 perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data, mereduksi, menyajikan, memverifikasi data secara kualitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan penerapan model artikulasi dalam pembelajaran membaca pemahaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model artikulasi dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango tampak berjalan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan aktivitas belajar siswa dalam hal ini membaca pemahaman. Sebagai dampak dari penerapan model artikulasi ini, maka kemampuan membaca pemahaman siswa khususnya menentukan ide pokok suatu paragraf memperlihatkan hasil yang baik. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian adalah rata kemampuan siswa dalam membaca pemahaman khususnya menentukan ide pokok suatu paragraf telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah menerima pembelajaran yang menerapkan model artikulasi.
Kata Kunci: Model artikulasi, membaca pemahaman.
Download berkas