Penulis / NIM
YANTI N. SUBU / 151409204
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah menulis cerita melalui media gambar seri di kelas III SDN 3 Bongo Kec. Batudaa Pantai dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita melalui media gambar seri di kelas III SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode tindakan kelas melalui dua siklus dengan menggunakan analisis data yakni menklasifikasi, mengintelplestasi dan menyimpulkan data. Secara kualitatif memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah peneliti memperoleh hasil kemampuan siswa menulis cerita pada siklus I terdapat 10 ornag siswa atau sekitar 50% siswa yang mampu, 10 orang siswa atau sekitar 50% siswa yang kurang mampu, dan sisanya 0 siswa atau sekitar 0% siswa yang tidak mampu. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 16 orang siswa atau sekitar 80% siswa yang mampu, 4 orang siswa atau sekitar 20% siswa yang kurang mampu, dan 0 orang siswa atau 0% yang tidak mampu.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Menulis, Cerita, dan Media Gambar Seri.
Download berkas