Penulis / NIM
VITA RAIHANI RAJAK / 151409206
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Vita Raihani Rajak. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca melalui metode inkuiri di kelas III SDN 3 Bulango timur Kabupaten Bone Bolango. Program Studi SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. pembimbing I Prof Dr. H. Abdul HAris PanaI, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Meylan SAleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III SDN 3 Bulango Timur, dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode inkuiri tentang materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, dan yang menjadi subjek penelitiian 23 siswa kelas III SDN 3 Bulango Timur. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Jika dalam pembelajaran guru menggunakan metode inkuiri tentang materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III SDN 3 Bulango Timur kabupaten Bone Bolango maka pembelajaran meningkat”. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil Observasi awal memiliki daya serap 35%. Hasil siklus I siswa yang sudah tuntas hasil belajarnya 9 siswa atau 39,13% siklus II siswa yang hasil belajarnya yang sudah mencapai ketuntasan berjumlah 18 atau 78,26 % siswa. Jadi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tentang materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca dapat meningkat melalui metode inquiri.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Hubungan Antara Keadaan Awan dan Cuaca, Metode Inquiri
Download berkas