Penulis / NIM
MARYAM TALIB / 151409213
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Talib. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Tanda Baca Melalui Membaca Wacana di Kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo”. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan menggunakan tanda baca dapat ditingkatkan melalui membaca wacana pada siswa kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggunakan tanda baca melalui membaca wacana pada siswa kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari total jumlah siswa 20 orang hanya 60% yang dinyatakan mampu. Dihubungkan dengan indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan minimal 75% siswa memperoleh nilai 75 berarti indikator keberhasilan yang ditetapkan belum tercapai. Pada siklus II hasil yang dicapai yaitu dari 20 siswa terdapat 80% yang dinyatakan mampu. Hasil yang dicapai pada siklus II melebihi indikator yang diharapkan, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa melalui membaca wacana kemampuan menggunakan tanda baca pada siswa kelas III SDN 11 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan, Tanda Baca, Membaca Wacana.
Download berkas