SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RAHAYU AUNA / 151409214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Sri Rahayu Auna. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme. Setiap siklus dilakukan dalam bentuk siklus melalui 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan siswa menyelesaikan pengurangan bilangan bulat belum mencapai indikator kinerja. Dari 15 siswa ada 6 orang atau 40% yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 65 ke atas dan 9 orang atau 60% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Sedangkan pada siklus II ada 14 orang atau 93.3% yang memperoleh nilai minimal 65 ke atas dan 1 orang atau 6.7% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, kemampuan menyelesaikan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme meningkat. Kata Kunci : Group Investigation, Kemampuan, Pengurangan, Bilangan Bulat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011